Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Kamera PC (Webcam)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

SosialTech.blogspot.co.id
Kebanyakan pengguna PC desktop umumnya tidak memiliki aksesori webcam. Jadi, bagaimana jika kita ingin melakukan video call? Tenang saja, kamu dapat menjadikan kamera HP Android sebagai kamera PC.
Dengan mengandalkan aplikasi Android, kita bisa melakukan video call di PC menggunakan kamera smartphone sebagai pengganti webcam. Praktis bukan? Jadi, nggak perlu beli perangkat webcam secara terpisah.

Menjadikan Kamera HP Sebagai Kamera PC

Install Aplikasi IP Webcam

Untuk menjadikan kamera smartphone Android sebagai webcam untuk PC, siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu aplikasi IP Webcam untuk smartphone dan IP Camera Adapter untuk PC Windows. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama, install aplikasi IP Webcam di smartphone Android kamu dan IP Camera Adapter pada PC. install-aplikasi-IP-Webcam
  • Buka aplikasi IP Webcam maka kamu akan melihat beberapa pengaturan seperti username, password, resolusi layar, dan banyak lagi.
  • Kamu dapat menyesuaikan pengaturannya kemudian klik Start Server. tampilan-ip-camera-di-smartphone
  • Setelah itu kamu akan melihat alamat IP di bagian bawah layar smartphone. pengaturan-ip-camera-di-komputer
  • Sekarang buka IP ini di browser Chrome atau Firefox di smartphone kamu. tampilan-ip-camera-di-komputer
  • Kemudian buka Configure IP Camera Adapter yang telah kamu install di PC lalu ganti "URL feed Camera" dengan alamat IP dan port yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi.
Selesai! Sekarang kamu bisa membuka aplikasi video call pada PC kamu seperti Skype atau Facebook Messenger, menggunakan kamera smartphone Android.

Menggunakan Kamera Android Sebagai Webcam Melalui USB

Kamu dapat menggunakan Android sebagai webcam bahkan tanpa WiFi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengaktifkan mode USB Debugging pada smartphone Android. Caranya:
  • Pertama, kamu harus mengaktifkan mode USB Debugging pada perangkat Android. Caranya bisa kamu baca di artikel berikut: Keutamaan Fungsi USB Debugging yang Harus Kamu Ketahui. pengaturan-droidcam
  • Install aplikasi DroidCam di Android.
  • Sekarang hubungkan smartphone ke komputer melalui USB dan kemudian biarkan komputer menginstal driver yang diperlukan di PC.
  • Sekarang kamu harus mendownload dan menginstal Dev47apps client pada PC Windows. pengaturan-droidcam-di-pc
  • Setelah itu, buka DroidCam Client, dan seperti ini tampilannya. Pilih ikon USB kemudian klik Start. Jika driver belum terinstal, download di sini.
Dengan aplikasi DroidCam, kamu bisa memilih koneksi menggunakan WiFi atau USB ke komputer kamu. Selamat mencoba!
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Kamera PC (Webcam)"

Post a Comment